SELAMAT DATANG DI BLOG KEMPIT ( KELAS SMALA PITU )




Sunday, August 7, 2011

Serba serbi PONRAM dan Tragedi didalamnya

hello.. jumpa lagi bersama saya.Baiklah kita akan sedikit memflash back dan ngegosip tentang perkemahan mendekatkan diri kepada Allah minggu ini. (geje)
        
Begini awalnya :

           Kempit yang notabene sudah menginjak tahun ke tiga di SMAN 5 surabaya ( gaya Harpot dikit) bakalan dikasih sebuah wisata hati dalam rangka mengisi bulan ramadan dengan ketakwaan.
          Wisata itu dari tanggal 3-5 Agustus 2011,atau bisa dibilang dari hari Rabu sampai Jumat.Aku tiba-tiba mendadak mencium sesuatu yang ngga enak dari acara ini.Kayaknya bakalan sengsara lagi nih.Mengingat aku punya sedikit pengalaman pribadi tentang pondok pesantren yang sangat jauh dari kata nyaman dan modern walaupun diplang atau spanduknya ditulis begitu (hayo,ketauan).
         Seminggu sebelum keberangkatan aku bingung sendiri.Denger-denger pas ponram itu anak cewe tidak boleh memakai jeans.Berhubung aku ngga punya sama sekali celana kain,aku bingung minta ampun.Wah,alamat susah nih,masa ngga pake celana? Ngga tau dapet ilham darimana,tiba-tiba timbul ide buat beli rok aja.Skalian nambah koleksi rok slain rok sekolah.

Malem rabu (Selasa 2 Agustus 2011)
     
Hari berganti,waktunya packing nih. Karena barang bawaan udah overdosis,maka aku memutuskan untuk membawa koper.Celaka 13 nih,koper kecilku ketinggalan di Banjarmasin.Otomatis aku bawa koper segede gaban biar semua bawaan bisa masuk.Udah warna merah cerah itu.Ternyata pas ditenteng berat pula --a.Pas bangt dah kaya tante-tante rempong yang mau pulang ke kampung suaminya.Padahal aku udah meminimalisir keadaan,sampe-sampe nih gayung yang aku bawa berukuran seperti gelas 750ml (kalo penasaran bentuk gayungnya tanya angels aja ya betapa unyunya gayungku :3)

Rabu,3 Agustus 2011
        
           Gara-gara kerempongan packing baju,aku malah ngga bisa tidur mikirin hari ini,Bayangin aja nih.Tidur cuman 3 jam dan harus capcus ke sekolah jm 6.
Astagfirullah,udah dibela-belain dateng jam 6 pagi ternyata kita baru bisa berangkat jm 8 gara-gara nungguin peserta lainnya.Bete banget lagi,udah bisnya ngga pake ac,ngga ada pentilasi yang cukup,anak kempit yang cewe pake dipisah lagi.Ditambah bersauna ria didalam bus,lengkaplah penderitaan pertama kami.Tapi berhubung kita baik,kita seneng-seneng aja walaupun sengsara sebenarnya.
           Selama perjalanan aku ngga liat apa-apa (ya jelas aja,sepanjang perjalaanan aku molor). Tiba-tiba udah nyampe malang aja.Awalnya bingung liat jalan masuk ke ponpesnya yang agak kecil dan naik-naik,Lewatin kuburan cina ,hutan,dan plang sekolahan yang statusnya masih diridhoi (ngakak pertama kali liat tulisan ini).
          Jeng-jeng,sampailah kita disebuah ponpes yang namanya Darussalam (eh yang punya orang Banjarmasin lho #abaikan).Abis turun dari bis,kita langsung dibagi kamar-kamarnya perkelas,dan voila... kita dapet kamar aminah 1,Dengan pdnya kita masuk kesana dan saat buka pintu muka angels semua langsung berubah.Ngga kebayang gimana cara tidurnya dengan anak 19 orang didalam 1 kamar ukuran 3x3 meter.Tak ada kasur seperti di SL,yang ada hanya karpet dan bantal yang aku ngga yakin itu nyaman ditiduri.Kita cuman bisa pasrah.
            Kita ngikutin kegiatan keagamaan kayak ceramah,sholat,baca quran,teraweh,dll sampe selesai.Jam 10 kita disuruh buat tidur karna besok masih ada banyak agenda yang harus diikuti.

         Aku,bibul,diva,iprit,quro kaga bisa tidur dengan keadaan kamar yang udh kaya kapal pecah dan pepesan pindang itu.Kami inisiatip buat muter-muter ponpes.Berhubung hari udah malem dan kita diwanti-wantiin supaya jangan ke kamar cowo yang ada dibelakang,kamipun memutuskan untuk berjalan kedeket gerbang.Nyari suasana yang enak sambil nikmatin angin malam yang duingin dan bisa bikin hati galau,kita ber5 duduk diteras sekretariatan ponpes.
            Seperti biasa,iprit senang sekali dengan suasana seperti ini.Bisa ngeliat bintang katanya,dan kali ini anak-anak yang lain setuju.Pas giliran aku yang ngeliat bintang dilangit,kata-kata yang pertama kali keluar adalah "BAGUS APAAN,AKU PIKIR BINTANG ITU KAYA KETOMBE DIRAMBUT" --a (din,kamu kg punya sisi romantis ya?"

            Waktu kita lagi asyik dengerin quro ngegosipin siapa gitu aku lupa,tiba-tiba ada 2 guru smala yang lewat agak jauh dari kita,sepertinya mereka mau ke mesjid.Dan kita tau guru itu adalah Pak Har dan Pak Nur Arifin.Mereka ngeliatin kita lama,tapi ngga mau ngedeketin,mereka tetep aja diskusi.
"eh,itu anak-anak kita ya?" Pak Nur nanya ke Pak Har,karena suasana sepi jadi kita bisa denger.

Muka kita langsung gugup digepin sama guru masih keliaran malem-malem.

Pak Har ngeliatin ke arah kita.
"Bukan,itu bukan anak-anak kita.Itu anak pondokan" Pak Har nyantai banget ngejawab.

Jder,kita smua yang denger antara gugup takut disuruh masuk,mau ketawa,sama jaga sikap jadi satu.Kita diem aja ngga ngapa-ngapain.Aku yang duduk mengarah ke 2 guru smala tadi bisa dengan jelas ngeliat diskusi mereka.Pak Nur yang ngga terima dengan pernyataan Pak Har dengan muka yang sumpah lucu banget ekspresinya (cuman quro,yang bisa niruin) ngeliatin kita lagi sambil berkacak pinggang.


Kita yang udah mesam-mesem nahan ketawa pun senggol-senggolan,trus bibul nyuruh quro pura-pura akting nerusin ceritanya.Biar dikira anak ponpes beneran.Quro langsung ngerasin suaranya sok-sok cerita.Pak Nur tetep aja ngeyel ngga mau pindah pandangan,langkahnya dimajuin mendekati kita.Jantung kami semua udah jedap-jedup kaga karuan nahan ketawa.

"udah,itu anak pondok itu.Penduduk aslinya" Pak Har ngomong sambil ngacir entah kemana ninggalin Pak Nur.
Pak Nur,ngeliatin lagi.Masih dengan gaya lucunya yang sok cool.Sampe-sampe dia ngikutin langkahnya Pak Har tetep dengan menoleh kebelakang kearah kita.
Kita tetep akting sampe quro bilang
"udah rek,aku udah ngga tahan ini"
2 guru smala itu udah pergi,bersamaan pun kita ketawa gara-gara disangkain anak ponpes.
Kita pindah duduk dideket barak cewe sambil minum kopi.Tiba-tiba Bu ima dateng nyuruh kita masuk.Tapi kita ngga mau.
"tunggu dulu bu,kita tidur kok,tapi sebelum tidur minum susu dulu" diva nyeletuk asal.Padahal yang kita minum itu bukan susu,melainkan kopi biar kita melek terus.Hahaha
Abis minumannya abis kita masuk,pas masuk itu BU Ima negur aku.
"lho din,kamu kok pakaiannya dari atas sampe bawah ngga ada yan maching sih? jilbab hitam,atasan coklat,bawahan hijau,kaos kaki putih"

Aku langsung buru-buru ngliat setelan bajuku,ternyata bener.Semua warnanya nabrak ngga karu-karuan.
"biasa bu,style ponpes" anak-anak nyeletuk gitu.Kita pada ketawa,.Pantesan aja Pak Har n Pak Nur nyangkain kita anak ponpes.Ternyata yang diliat mereka itu aku --a

Kamis 4 Agustus 2011

                 Jam 3 pagi udah dibangunin buat sahur,udara kaya kulkas lagi.Sebenernya kita kebangun gara-gara suara alarm hpnya siapa gitu trus sama bunyi ngoroknya salah satu anak.MasyaAllah dinginnya,sahur dengan makanan yang rasanya setengah hati (ngga ada rasanya bro) .Kita terima nasib saja.Habis sahur kita disuruh ke mesjid sholat subuh,abis itu kultum.Emang dasar angelsnya kempit ini rata-rata preman ,kultum bukannya dengerin ceramah malah molor berjamaah dibelakang.Aku juga ikutan sih.hehe
                   Pokoknya disetiap ada peluang tidur kita tidur.Dasar banyak setannya ya,dimesjid mata rasanya ngantuk melulu,eh setelah ke kamar seger lagi,bisa-bisanya sambil ngegosip lagi .
Selama dipuasa diponpes,kita juga puasa mandinya nih.(siapa yang kuat coba mandi sama air es).
Angels itu nakal banget,disuruh sholat dhuha di mesjid malah ngga keluar kamar.Asyik ngegosip.Giliran di mesjid tidur.ckckck.Preman semua ternyata.Jam 10 kita outbond sampe zuhur.Entah itu ngapain aja.Pokoknya kita lakuin semua.
Sampe malem lagi,kita bingung mau tidur dimana.Personiel begadang nambah sama Dea,and Tika.Mereka pengen jajal begadang n tidur diruang tamu sambil lesehan.
            Udah malem nih,kita semua ada tepar mau tidur. Aku ngga tau pastinya gimana yang pasti aku jm set 12 udah lelap disebelahnya Tika.

Jumat 5 Agustus 2011
       Kita dibangunin jam 3 lewat 5,agak telat dari biasanya.Tapi aku bingung.Kok tiba-tiba aku ada dikamar dan disebelahnya Intan tidur.Padahal aku tdi malem tidur di luar disebelahnya tika.Waduh,ati udah kaga enak nih.
Aku tanya ke anak-anak yang tidur didepan itu,Dea ama Diva bilang aku waktu pas jm setengah 1 mereka belum tidur ngga keliatan ada didepan bareng mereka.Pas mereka pindah ke kamar juga aku ngga ada.Tapi tiba-tiba aja pas pagi aku udh dikamar.
        Mendadak merinding aku,sebelumnya aku belum pernah tidur sambil jalan.Pasti kalo jalan aku ngerasa.Ya Allah,aku tidur dimana?
Jadi ngerasa mistis nih aku ,anak-anak ngga ada yang tau lagi tepatnya aku tidur dimana.Haduh..
Acara selesai jm 1 setelah kita sholat Jumat berjamaah.Kita pun kembali ke Surabaya.
Yipyip horeee...Pulang..walopun ngga menutup rasa aku kangen hawa dinginnya,kangen suasananya,kangen bintang ketombenya,kangen kebersamaannya,kangen airnya, T.T aku tau kita ngga bisa kaya gini lagi guys.

               dengan adanya acara ini aku semakin sangat-sangat sayang kalian angelsku,Angelsku yang nakal,yang preman,yang suka tidur,dan yang apa adanya :* love u all'

sekian cerita dari aku,kalo ada yang perlu diralat silahkan.Salah khilaf dimaafkan ya guys.
Tunggu cerita berikutnya

3 comments:

  1. Lagi yuks bareng-bareng piknik.Tapi jangan di Pondok Pesantren ya :)

    ReplyDelete
  2. Awalnya penasaran ini sapa. Eh Dini toh, pas ada banjar2nya
    Huahaha
    Ponpes ponpes =))
    -22-

    ReplyDelete
  3. eh tapi yg aku minum itu sungguan milo loh :3

    ReplyDelete