SELAMAT DATANG DI BLOG KEMPIT ( KELAS SMALA PITU )




Sunday, September 5, 2010

Minal 'aidin wal faizin

Ucapan ini : Selamat Hari Raya Idul Fitri, Taqobalallahu Minna wa Minkum, Minal 'Aidin wal Faizin, Mohon Maaf Lahir Batin, merupakan ucapan yang biasa disampaikan dan diterima oleh kaum muslimin di hari lebaran baik melalui lisan ataupun kartu ucapan idul fitri. Sebagian orang kadang cukup mengucapkan minal 'aidin wal faizin (Ini penulisan yang benar menurut ejaan bahasa Indonesia) dengan bermaksud meminta maaf.


Lalu, bagaimana arti minal 'aidin wal faizin ??? Menurut Quraish Shihab dalam bukunya Lentera Hati (sakjane gak moco seh….), kalimat ini mengandung dua kata pokok: 'aidin dan faizin. 'Aidin sendiri saya tidak tau artinya, sedangkan Faizin berasal dari kata fawz yang berarti kemenangan. Maka, faizin berarti orang-orang yang menang. Menang di sini berarti memperoleh keberuntungan berupa ridha, ampunan dan nikmat surga.


Sebenarnya ada potongan kalimat yang semestinya ditambahkan di depan kalimat ini, yaitu ja'alanallaahu (semoga Allah menjadikan kita). Jadi selengkapnya kalimat ja'alanallaahu minal 'aidin wal faizin bermakna semoga Allah menjadikan kita bagian dari orang-orang yang kembali (kepada ketaqwaan/kesucian) dan orang-orang yang menang (dari melawan hawa nafsu dan memperoleh ridha Allah). Jelaslah, kalau begitu. Meskipun diikuti dengan kalimat mohon maaf lahir batin, ia tidak mempunyai makna yang serupa. Bahkan sebenarnya merupakan tambahan doa untuk kita yang patut untuk diaminkan.

-anon1mous-

No comments:

Post a Comment